"I believe there is no new thing under the sun. Everyone just to inspire & get inspired."
—Enjel Hutasoit—

FAQ

"Empat cara menjawab pertanyaan: dijawab secara langsung, dijawab secara analitis, bertanya balik, diabaikan." 
— @BuddhaQuote
***
Pada laman Frequently Asked Questions ini akan dijawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul perihal  blog ini (ya iya lah, namanya juga FAQ).

WHAT | Blog apa ini?
Blog ini membahas semua hal yang berhubungan dengan generasi-Y. Artikel ini memberikan informasi lebih detail dan akurat karena ditulis berdasarkan data.

WHO | Siapa yang menjalankan blog ini?
Keseluruhan blog ini dijalankan oleh saya sendiri, Enjel Hutasoit. Mulai dari desain web (dioprek dari versi aslinya), ngurus perpindahan domain, sampai yang paling "RAJA", konten atau artikel. Content trully king.

WHEN | Kapan blog ini lahir?
Awalnya blog ini dibuat menggunakan domain gratis (enjelhutasoit.blogspot.com) pada tahun 2014. Kemudian agar menyingkat domain serta tampak profesional (dan lain-lainnya itu) maka tahun 2016 mulai transisi ke Top-Level Domain (TDL) menjadi enjelhutasoit.com (period).

WHERE | Dimana?
Apanya yang dimana? Buatnya? Ya, bisa dimana saja. Oh, maksudnya registrar? Kemarin pakai registrar anak bangsa. Awalnya mau pakai yang luar negeri, GoMommy itu (j/k), tapi katanya kan "Pakailah produk-produk Indonesia". Tergantung pelayanannya juga sih. Kalau dalam setahun ini mengecewakan, harus selektif dong. Pakai jasa luar negeri ya wajar, kan memasuki era pasar bebas.  

WHY | Mengapa perlu membahas tentang generasi-Y?
Data

HOW |  Bagaimana selanjutnya?
Silakan memulai dengan mengisi pengetahuan kamu lebih dalam tentang Gen-Y melalui runut artikel berikut:


STRUKTUR ARTIKEL
  1. Oh, mumpung ingat, artikel dalam blog ini memiliki struktur dan ciri khas. Penting-tidak penting membahas hal satu ini. Tujuannya sederhana, hanya ingin membuat tulisan enak dilihat dulu. Selanjutnya, terserah pembaca.
  2. Tulisan bersifat baru dan original, tidak boleh copy-paste, belum pernah dipublish di website lain.
  3. Tulisan bersifat ril, bukan hoax.
  4. Tiap artikel diawali dengan quote atau kutipan yang menjadi kunci sekaligus berperan sebagai pembuka topik menyejukkan, karena biasanya sebuah kutipan selalu bernada teduh. Pancingan seperti ini saya lihat pertama kali di website tinybuddha yang juga sekaligus menjadi salah satu inspirasi dibuatnya blog ini. 
  5. Memiliki pesan yang jelas di setiap artikel.
  6. Tiap topik harus selesai dan terang dengan penjelasan oleh 1000-an kata. Mengapa? Blog ini menyajikan data yang kemudian dianalisa dan disajikan sedemikian rupa agar menghasilkan konten berkualitas dan akurat. 500-an kata mungkin hanya bisa memaparkan data, namun 2000-an kata terlalu panjang untuk dibaca sekali duduk. Tujuannya sederhana. Dengan membaca blog ini, pembaca diharapkan akan memperoleh informasi dengan data pendukung kalau lagi duduk-duduk.(?)

Supaya artikel dalam laman ini taat asas (pas1000-an kata), penjelasan tentang struktur artikel ini saya bahas tersendiri dalam artikel Bagaimana Menulis Artikel Versi Gen-Y.

Selanjutnya? Silakan mulai membaca, klik ALMANAK. Enjoy!