Amankah Probiotik untuk Anak? Ini Dia Penjelasannya

by - 1/09/2020 05:03:00 PM


Photo by Thiago Cerqueira on Unsplash

Probiotik dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat memelihara kesehatan saluran cerna. Selain diolah dalam bentuk minuman probiotik, probiotik juga biasanya ditambahkan dalam susu ataupun supplement anak. Probiotik berguna untuk memelihara bakteri baik yang terdapat dalam saluran pencernaan anak.

Probiotik diare anak dan intoleransi laktose saat ini lebih banyak digunakan dibandingkan dengan antibiotik karena perannya yang dapat mengembalikan bakteri baik. Lalu amankan pemberian probiotik jika terjadi masalah gangguan pencernaan pada anak?


Keamanan Probiotik Bagi Anak

Secara umum, makanan dan minuman anak yang mengandung probiotik aman untuk dikonsumsi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan saluran cerna pada anak meski dampaknya rendah.

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, diketahui bahwa bayi usia 4-10 bulan yang diberikan prebiotik selama 2 minggu memiliki durasi diare yang lebih pendek dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan probiotik.

Selain itu beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa selain bermanfaat sebagai probiotik diare anak dan intoleransi lactose, beberapa manfaat lain yang bisa didapat yaitu mampu mencegah asma, eksim, dan juga beberapa jenis alergi tertentu.

Untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, probiotik bekerja dengan cara menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu tak heran jika saat ini dunia kesehatan sudah banyak merekomendasikan probiotik untuk mengatasi permasalahan diare pada anak.

Oleh karena itu sudah bisa dipastikan bahwa probiotik sangat aman bagi anak karena selain dapat menyembuhkan masalah pencernaan, probiotik juga mampu mengembalikan bakteri baik sehingga pencernaan anak akan tetap sehat. Walaupun begitu, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendapatkan dosis probiotik yang tepat.

Probiotik memang sangat bermanfaat untuk menangani permasalahan diare pada anak. Agar keamanan penggunaan semakin terjamin, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada anak.

Untuk mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan seperti mencari rekomendasi salep untuk penanganan luka bakar, Anda juga bisa mengunjungi website www.guesehat.com.

You May Also Like

0 comments