4 Hal Penting yang Harus Anda Cek Saat Membeli Smartphone

by - 4/13/2020 08:35:00 PM

Photo by 7shifts on Unsplash
Photo by 7shifts on Unsplash

Smartphone kini semakin dibutuhkan oleh masyarakat untuk bekerja dan juga beraktivitas. Hampir setiap lini kehidupan kini membutuhkan smartphone apalagi di era digital hari ini. Meski banyak sekali model smartphone dari berbagai merk yang ada, Anda harus tetap mempertimbangkan berbagai hal sebelumnya. Ada setidaknya tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli gadget agar Anda tidak sampai salah pilih. Berikut ulasannya.

4 Tips Sebelum Membeli Gadget


Ponsel pintar kini hadir dengan beragam spesifikasi unik dan menarik. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi performa sebuah ponsel pintar. Oleh karena itu penting memahami setiap elemen faktor tersebut.


1. Kapasitas RAM

Photo by Frankie Valentine on Unsplash

Kapasitas RAM berpengaruh terhadap performa smartphone terutama jika Anda sering menggunakan smartphone untuk multitasking. Selain itu, kebutuhan instalasi banyak aplikasi juga membutuhkan dukungan RAM berukuran besar. Untuk kebutuhan seorang gamers, kapasitas RAM yang dibutuhkan agar permainan lancar bisa mencapai 8 GB.


2. Kapasitas Baterai

Photo by Tyler Lastovich on Unsplash
Ukuran kapasitas baterai tidak boleh diabaikan. Seringkali masyarakat awam tidak terlalu peduli pada kapasitas baterai padahal hal ini akan sangat menentukan kemampuan smartphone untuk menunjang Anda. Baterai dengan kapasitas terlalu kecil akan membuat Anda repot karena harus diisi berulang – ulang kali. Saat ini, telah hadir berbagai smartphone dengan kapasitas besar mencapai 5000 mAh lebih.


3. Chipset

Photo by Franck V. on Unsplash

Apabila Anda merupakan seorang gamers sejati yang senang memainkan game lewat smartphone, maka chipset ini adalah bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Chipset adalah induk dari sebuah smartphone yang bertugas untuk mengontrol setiap aktivitas yang ada di dalamnya. Pastikan chipset yang Anda pilih merupakan chipset yang terbukti memiliki performa mumpuni.


4. Kualitas Layar

Photo by Tyler Lastovich on Unsplash

Layar berkaitan dengan performa tampilannya hingga ukuran layarnya. Ukuran layar yang ditawarkan untuk smartphone hari ini sangat beragam. Untuk ukuran yang besar bisa mencapai 6,5 inchi. Selain itu, kualitas grafis dari layar juga patut dipertimbangkan.

Sementara untuk provider internet dan komunikasi pilih Smartfren saja. Smartfren menawarkan kecepatan akses internet yang sangat kencang terutama untuk jaringan 4G.

You May Also Like

0 comments